Bismillah...Allahumma solli 'ala muhammad wa'ala aali...

Facebook
RSS

0000008: Ilmu TASAWUF (Soal-Jawab)

-
tf faqir








Secara ringkas, apakah ta'rif Tasawuf?
Tasawuf adalah ILMU mengenali sifat-sifat zahir dan bathin yang tercela dan terpuji. 


Tiap-tiap Ilmu Mempunyai Sepuluh (10) Mabadi 
Yang Menjadi Tunjang Bagi Tujuan Iilmu Tersebut.
Bagi mereka yang hendak masuk belajar mana-mana ilmu sayugianya dipelajari dan mengetahui Mabadi 10 supaya menjadi teguh keyakinan dan tetap pegangannya terutamanya Ilmu Tasawuf kerana setengah golongan membilangkan Ilmu Tasawuf ini khurafat yang bida'ah yang tidak ada Warid daripada Nabi SAW.


Terpulanglah kepada mereka sendiri dan bagi kita memadai menyemak dan membaca kitab-kitab agama( kitab-kitab tua ) terutama Al-quran dan hadis Nabawi serta Asar( bekas peninggalan sahabat dan perjalanan ulama-ulama yang muktabar. Maka saya tuliskan di sini petikan daripada karangan-karangan ulama tasauf yang dimaksudkan itu:


Apakah Sepuluh(10) Mabadi tersebut?
01. Had (Takrif):
Ilmu yang diketahui daripadanya Ahwal nafsu pada kebaikan dan kejahatannya dan kaifiat(cara-cara) membersihkan daripada segala Aib-aib dan penyakit daripada sifat Mazmumah dan najis yang Ma'nawi(syirik khafi) dan menyatakan kaifiat-kaifiat Suluk dan berjalan kepada Allah.


02 .Maudu' (Tempat Hantaran):
Al-Zat Al-'Aliyyah(Zat Allah) kerana dibahaskan daripada ‘itibar makrifat dengan dalil dan burhan atau dengan syuhud dan ‘iyan dan Al-Nufus Wal-Qalbu Wal-Arwah kerana dibahas akan dia membersih dan mensucikan.


03. Wadhi' (Orang Yang Menghantar):
Nabi SAW.mengajarkan dia oleh Allah Taala dengan Wahyu dan Ilham. Maka awal-awla orang mendhohirkannya dan mengatakannya Sayyidina Ali Karramallahi Wajhu kemudian mengambil akan dia daripadanya oleh Hasan Basri dan ibunya Umi Khairah Maula' bagi Umi Salamah, isteri Rasulullah dan bapanya Mauli bagi Zaid bin Zabit kemudian mengambil akan dia daripadanya oleh Habibil ‘Ajami RA. kemudian mengambil akan dia daripadanya oleh Abu Sulaiman Daud Al-Thoi RA. yang wafat pada tahun 120Hijrah; kemudian mengambil akan dia daripadanya oleh Abu Mahfuz Ma'ruf bin Tiruz Al-Kharkhi RA.; kemudian mengambil akan dia daripadanya oleh Abu Hassan Sirri RA. yang wafat pada tahun 251 Hijrah dan menzhohirkan pemberitahuan hakikat oleh Sheikh Abul Qasim Al-Junaid Al-Bagdadi yang wafat pada tahun 297 Hijrah. Sheikh Junaid inilah menjadi orang yang pertama yang Ijtihad dalam Ilmu Tasauf di mana beliaulah Imam kita kaum Ahli Sunnah Wal Jamaah.


04. Ismuhu (Namanya):
Tasawuf dan ilmu Qalbu dan Ilmu Bathin dan Ilmu Laduni dan Ilmu Mukashafah dan Ilmu Asror dan Ilmu Maknun dan Ilmu Hakikat dan Ilmu Zauqi dan Ilmu Wujdan dan beberapa nama yang lain daripada yang tersebut itu.


05. Istimdat (Petikan):
Daripada Al-Qur'an dan hadis Rasulullah SAW. dan daripada Ilham Sholihin dan Fatuhat (Penemuan dan pembukaan)'Ariffin.


06. Hukum:
Wajib ‘Aini atas tiap-tiap mukallaf mempelajarinya seperti Wajib ‘Aini mempelajari barang yang membaikkan zhohir(syariat/fekah) mereka itu.


07. Masail (Masaalah):
Bicara yang bergantung dengan Musyahadah akan Hak Taala dan yang bergantung dengan segala Maqam dan Hal-Ahwal bagi segala Arifin dan Solihin / Solihat daripada beberapa 
Adab dan amalan mereka itu.


08. Faedah:
Sampai kepada makrifat yang sebenar (hakikat makrifat)


09. Nisbah Bagi Seluruh Ilmu:
Bahwa Ilmu ini asal titik ‘Ilam dan ilmu yang lain daripanya adalah cawangannya. Bermula nisbahnya bagi batin seperti nisbah fekah kepada zhohir. Ianya metahkiqkan bagi Ilmu Usul dan mengheningkan Ilmu Fekah.


10. Kelebihannya:
Semulia-mulia ilmu yang dibangsakan kepada agama kerana ia jumlah daripada pati Ilmu Tauhid.


Nota:
Sila rujuk Kitab ManhalulSofi Fi-Bayani Rumuuzi Ahli Sufi untuk penjelasan sepenuhnya.



Apakah ta'rif lain tentang Tasawuf?
Tasawuf (Tasawwuf) atau Sufisme (bahasa arab: تصوف , ) adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memporoleh kebahagian yang abadi. Tasawuf pada awalnya merupakan gerakan zuhud (menjauhi hal duniawi).


Apakah pendapat-pendapat lain tentang ta'rif dan asal usul Tasawuf?
Pendapat Pertama(1):
Ada beberapa sumber perihal etimologi dari kata " Sufi ". Pandangan yang umum adalah kata itu berasal dari Suf (صوف), bahasa Arab untuk wol, merujuk kepada jubah sederhana yang dikenakan oleh para asetik Muslim. Namun tidak semua Sufi mengenakan jubah atau pakaian dari wol. Teori etimologis yang lain menyatakan bahwa akar kata dari Sufi adalah Safa (صفا), yang berarti kemurnian. Hal ini menaruh penekanan pada Sufisme pada kemurnian hati dan jiwa. 



Pendapat Ke-Dua(2):
Bahawa etimologi dari Sufi berasal dari "Ashab al-Suffa" ("Sahabat Beranda") atau "Ahl al-Suffa" ("Orang orang beranda"), yang mana dalah sekelompok muslim pada waktu Nabi Muhammad yang menghabiskan waktu mereka di beranda masjid Nabi, mendedikasikan waktunya untuk berdoa.


Pendapat Ke-tiga(3):
Mengatakan bahawa asal-usul ajaran tasawuf berasal dari zaman Nabi Muhammad. Berasal dari kata " beranda " (suffa), dan pelakunya disebut dengan ahl al-suffa, seperti telah disebutkan di atas. Mereka dianggap sebagai penanam benih paham tasawuf yang berasal dari pengetahuan Nabi Muhammad.


Pendapat ke-empat(4):
Menyebutkan tasawuf muncul ketika pertikaian antar umat Islam di zaman Khalifah Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, khususnya karena faktor politik.Pertikaian antar umat Islam karena karena faktor politik dan perebutan kekuasaan ini terus berlangsung dimasa khalifah-khalifah sesudah Utsman dan Ali. Munculah masyarakat yang bereaksi terhadap hal ini. Mereka menganggap bahwa politik dan kekuasaan merupakan wilayah yang kotor dan busuk. Mereka melakukan gerakan ‘uzlah , yaitu menarik diri dari hingar-bingar masalah duniawi yang seringkali menipu dan menjerumuskan. Lalu munculah gerakan tasawuf yang di pelopori oleh Hasan Al-Bashiri pada abad kedua Hijriyah. Kemudian diikuti oleh figur-figaur lain seperti Shafyan al-Tsauri dan Rabi’ah al-‘Adawiyah.



Pendapat ke-lima(5):
Ada beberapa sumber perihal etimologi dari kata " Sufi ". Pandangan yang umum adalah kata itu berasal dari Suf (صوف), bahasa Arab untuk wol, merujuk kepada jubah sederhana yang dikenakan oleh para asetik Muslim. Namun tidak semua Sufi mengenakan jubah atau pakaian dari wol. 


Pendapat ke-enam(6):
Mengatakan bahawa akar kata dari Sufi adalah Safa (صفا), yang berarti kemurnian. Hal ini menaruh penekanan pada Sufisme pada kemurnian hati dan jiwa. 


Pendapat ke-tujuh(7):
Mengatakan bahawa tasawuf berasal dari kata Yunani theosofie artinya ilmu ketuhanan.


Pendapat Yang Mengatakan Bahawa Sufisme / Tasawuf Berasal Dari Agama Islam:
Asal usul ajaran '' sufi '' didasari kepada sunnah Nabi Muhammad SAW. Keharusan untuk bersungguh-sungguh terhadap Allah SWT merupakan aturan di antara para muslim awal, yang bagi mereka adalah sebuah keadaan yang tak bernama, kemudian menjadi disiplin tersendiri ketika majoriti masyarakat mulai menyimpang dan berubah dari keadaan ini. (Nuh Ha Mim Keller, 1995).


Seorang penulis dari mazhab Maliki, Abd al-Wahhab al-Sha'rani mendefinisikan Sufisme sebagai berikut: 
"Jalan para sufi dibangun dari Qur'an dan Sunnah, dan didasarkan pada cara hidup yang berdasarkan moral para nabi dan yang tersucikan. Tidak boleh disalahkan kecuali apabila melanggar pernyataan eksplisit dari Qur'an, sunnah atau ijma." [11. Sha'rani, al-Tabaqat al-Kubra (Kairo, 1374).


Siapakah antara tokoh-tokoh Tasawuf yang tidak asing lagi?
Antaranya:
01. Imam Al-Ghazali.
02. Ibnu Arabi.
03. Abu Yazid AlBustami.
04. Al-Hallaj.
05. Maulana Jalaluddin Rumi.
06. Nashruddin.
07. Syekh Sa'di Asy-Syirazi.
08. Fariduddin Aththar.
09. Omar Khayyam.
10. Dan ramai lagi....


Berapa tingkatkah kedalaman beragama islam?.
Empat tingkat kedalaman beragama Islam:
Syari'at, Thoriqoh, Tariqah atau Tarekat, Hakikat atau Haqiqat dan Ma'rifat.


Apakah Syari'at?
Syari'at adalah hukum-hakam zahiriah dan aturan Islam yang mengatur seluruh sendi kehidupan umat manusia, baik Muslim mahupun bukan Muslim.


Apakah Tariqah?
Kata tariqah berasal dari bahasa Arab thoriqah, jamaknya thoraiq, yang berarti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara.
Tariqah adalah AMALAN-AMALAN zikrullah melalui mujahadah dan riyadhah sehingga dapat dihapuskan sifat-sifat tercela dan dihiasi dengan sifat-sifat terpuji, zahir dan bathin. 

Apakah Kaitan Tasawuf dan Tariqah?
Kedua-duanya itu tidak dapat dipisahkan, kedua-duanya merupakan satu perkara jua.

Apakah Hakikat?
Pengetahuan pada aspek bathiniah dari syari'at.

Apakah Ma'rifatullah?
Mengenali Allah SWT melalui hati pada:
Asma'Nya, 
Af'alNya, 
SifatNya, 
WajahNya dan 
ZatNYA.


Antara empat tingkat tersebut ( Syariat, Tariqah, Hakikat dan Ma'rifat ), boleh tak dipisah-pisahkan?
Tidak boleh sama sekali kerana satu tingkat menjadi asas bagi tingkat selanjutnya, maka mustahil mencapai tingkat berikutnya dengan meninggalkan tingkat sebelumnya. 
Sebagai contoh, jika seseorang telah mulai masuk ke tingkat (kedalaman beragama) tarekat, hal ini tidak bererti bahawa ia boleh meninggalkan syari'at. Yang memulai memahami hakikat, maka ia tetap melaksanakan hukum-hukum mahu pun ketentuan syariat dan tarekat.


Kekuatan Tasawuf:
Tasawuf merupakan suatu kekuatan. Hal itu karena jiwa kaum sufi tiada harganya di jalan Allah. Mereka merelakan jiwa mereka untuk menegakkan kalimat Allah SWT. Mereka membebani diri dengan kepayahan untuk menyebarkan agama (khususnya) Islam di wilayah-wilayah Afrika dan negeri-negeri yang belum di taklukan oleh pasukan Islam. Pengaruh mereka cukup besar dalam menyebarkan Islam di negri Melayu (Indonesia, Malaysia, Brunei, Thailand, Filipina). Juga negri-negri lainnya di dunia.


Kesenian Sufi:
Sufisme telah menyumbang cukup banyak puisi dalam Bahasa Arab, Bahasa Turki, Bahasa Farsi, Bahasa Kurdi, Bahasa Urdu, Bahasa Punjab, Bahasa Sindhi, yang paling dikenail mencakup karya dari Jalal al-Din Muhammad Rumi, Abdul Qader Bedil, Bulleh Shah, Amir Khusro, Shah Abdul Latif Bhittai, Sachal Sarmast, Sultan Bahu, tradisi-tradisi dan tarian persembahan seperti Sama dan musik seperti Qawalli.





HAKIKAT DARI TASAWUF

                      Dr. Yusuf Al-Qardhawi
 
Pertanyaan:
 
   Apa sebenarnya arti kata tasawuf hakikat dan hukumnya
   menurut Islam?

   Apakah benar di antara orang-orang ahli tasawuf ada yang
   tersesat dan menyimpang?
 
Jawab:
 
Arti tasawuf dalam agama ialah memperdalam  ke  arah  bagian
rohaniah,   ubudiah,   dan   perhatiannya  tercurah  seputar
permasalahan itu.
 
Agama-agama  di  dunia  ini  banyak  sekali  yang   menganut
berbagai  macam  tasawuf,  di  antaranya  ada sebagian orang
India yang amat fakir. Mereka condong menyiksa diri  sendiri
demi membersihkan jiwa dan meningkatkan amal ibadatnya.
 
Dalam  agama  Kristen terdapat aliran tasawuf khususnya bagi
para pendeta. Di Yunani muncul aliran Ruwagiyin.  Di  Persia
ada  aliran yang bernama Mani'; dan di negeri-negeri lainnya
banyak aliran ekstrim di bidang rohaniah.
 
Kemudian Islam datang dengan membawa perimbangan yang paling
baik  di  antara  kehidupan  rohaniah  dan  jasmaniah  serta
penggunaan akal.
 
Maka, insan itu sebagaimana digambarkan  oleh  agama,  yaitu
terdiri  dari tiga unsur: roh, akal dan jasad. Masing-masing
dari tiga unsur itu diberi hak sesuai  dengan  kebutuhannya.
Ketika    Nabi    saw.   melihat   salah   satu   sahabatnya
berlebih-lebihan dalam salah satu sisi, sahabat  itu  segera
ditegur.  Sebagaimana yang terjadi pada Abdullah bin Amr bin
Ash.  Ia  berpuasa  terus  menerus  tidak  pernah   berbuka,
sepanjang   malam   beribadat,  tidak  pernah  tidur,  serta
meninggalkan  istri  dan  kewajibannya.   Lalu   Nabi   saw.
menegurnya dengan sabdanya:
 
"Wahai  Abdullah,  sesungguhnya  bagi  dirimu ada hak (untuk
tidur), bagi istri dan keluargamu ada hak  (untuk  bergaul),
dan bagi jasadmu ada hak. Maka, masing-masing ada haknya."
 
Ketika  sebagian dari para sahabat Nabi saw. bertanya kepada
istri-istri Rasul saw.  mengenai  ibadat  beliau  yang  luar
biasa.  Mereka  (para istri Rasulullah) menjawab, "Kami amat
jauh daripada Nabi saw. yang  dosanya  telah  diampuni  oleh
Allah  swt,  baik  dosa  yang  telah lampau maupun dosa yang
belum dilakukannya."
 
Kemudian salah seorang di antara mereka berkata,  "Aku  akan
beribadat  sepanjang malam." Sedang yang lainnya mengatakan,
"Aku tidak akan menikah." Kemudian hal itu sampai  terdengar
oleh  Rasulullah  saw,  lalu mereka dipanggil dan Rasulullah
saw. berbicara di hadapan mereka.
 
Sabda beliau:
 
"Sesungguhnya aku ini lebih mengetahui  daripada  kamu  akan
makrifat Allah dan aku lebih takut kepada-Nya daripada kamu;
tetapi aku bangun, tidur, berpuasa,  berbuka,  menikah,  dan
sebagainya;  semua  itu adalah sunnah Barangsiapa yang tidak
senang  dengan  sunnahku  ini,  maka   ia   tidak   termasuk
golonganku."
 
Karenanya,   Islam   melarang   melakukan   hal-hal  yang
berlebih-lebihan dan mengharuskan  mengisi  tiap-tiap  waktu
luang  dengan hal-hal yang membawa manfaat, serta menghayati
setiap bagian dalam hidup ini.
 
Munculnya  sufi-sufi   di   saat   kaum   Muslimin   umumnya
terpengaruh  pada  dunia  yang  datang  kepada  mereka,  dan
terbawa pada  pola  pikir  yang  mendasarkan  semua  masalah
dengan pertimbangan logika. Hal itu terjadi setelah masuknya
negara-negara lain di bawah kekuasaan mereka.
 
Berkembangnya   ekonomi    dan    bertambahnya    pendapatan
masyarakat, mengakibatkan mereka terseret jauh dari apa yang
dikehendaki oleh Islam yang sebenarnya (jauh  dari  tuntutan
Islam).
 
Iman   dan  ilmu  agama  menjadi  falsafah  dan  ilmu  kalam
(perdebatan); dan banyak dari ulama-ulama fiqih  yang  tidak
lagi  memperhatikan  hakikat dari segi ibadat rohani. Mereka
hanya memperhatikan dari segi lahirnya saja.
 
Sekarang  ini,  muncul  golongan  sufi  yang  dapat  mengisi
kekosongan   pada   jiwa   masyarakat   dengan   akhlak  dan
sifat-sifat yang luhur serta ikhlas. Hakikat dari Islam  dan
iman,  semuanya  hampir  menjadi perhatian dan kegiatan dari
kaum sufi.
 
Mereka para tokoh  sufi  sangat  berhati-hati  dalam  meniti
jalan di atas garis yang telah ditetapkan oleh Al-Qur,an dan
As-Sunnah. Bersih dari berbagai  pikiran  dan  praktek  yang
menyimpang, baik dalam ibadat atau pikirannya.
 
Banyak orang yang masuk Islam karena pengaruh mereka, banyak
orang yang durhaka dan lalim kembali  bertobat  karena  jasa
mereka.  Dan tidak sedikit yang mewariskan pada dunia Islam,
yang berupa kekayaan besar dari peradaban dan ilmu, terutama
di bidang makrifat, akhlak dan pengalaman-pengalaman di alam
rohani, semua itu tidak dapat diingkari.
 
Tetapi, banyak pula di antara orang-orang sufi itu terlampau
mendalami tasawuf hingga ada yang menyimpang dari jalan yang
lurus dan  mempraktekkan  teori  di  luar  Islam,  ini  yang
dinamakan  Sathahat  orang-orang  sufi;  atau  perasaan yang
halus dijadikan sumber hukum mereka.
 
Pandangan mereka  dalam  masalah  pendidikan,  di  antaranya
ialah  seorang  murid  di hadapan gurunya harus tunduk patuh
ibarat mayat di tengah-tengah orang yang memandikannya.
 
Banyak dari golongan  Ahlus  Sunnah  dan  ulama  salaf  yang
menjalankan  tasawuf,  sebagaimana diajarkan oleh Al-Qur'an;
dan   banyak   pula    yang    berusaha    meluruskan    dan
mempertimbangkannya    dengan    timbangan   Al-Qur'an   dan
As-Sunnah. Di antaranya  ialah  Al-Imam  Ibnul  Qayyim  yang
menulis sebuah buku yang berjudul: "Madaarijus-Saalikin ilaa
Manaazilus-Saairiin," yang artinya "Tangga  bagi  Perjalanan
Menuju  ke  Tempat  Tujuan." Dalam buku tersebut diterangkan
mengenai  ilmu   tasawuf,   terutama   di   bidang   akhlak,
sebagaimana   buku  kecil  karangan  Syaikhul  Islam  Ismail
Al-Harawi   Al-Hanbali,   yang   menafsirkan   dari    Surat
Al-Fatihah, "Iyyaaka na'budu waiyyaaka nastaiin."
 
Kitab  tersebut  adalah  kitab yang paling baik bagi pembaca
yang ingin mengetahui masalah tasawuf secara mendalam.
 
Sesungguhnya, tiap-tiap manusia boleh  memakai  pandangannya
dan   boleh   tidak   memakainya,   kecuali   ketetapan  dan
hukum-hukum dari kitab Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah  saw.
Kita  dapat  mengambil  dari ilmu para sufi pada bagian yang
murni dan jelas, misalnya ketaatan kepada Allah  swt,  cinta
kepada  sesama  makhluk,  makrifat  akan kekurangan yang ada
pada diri sendiri, mengetahui tipu muslihat dari  setan  dan
pencegahannya,  serta  perhatian  mereka  dalam meningkatkan
jiwa ke tingkat yang murni.
 
Disamping  itu,  menjauhi  hal-hal   yang   menyimpang   dan
terlampau  berlebih-lebihan,  sebagaimana  diterangkan  oleh
tokoh sufi yang terkenal, yaitu Al-Imam Al-Ghazali.  Melalui
ulama  ini,  dapat kami ketahui tentang banyak hal, terutama
ilmu akhlak, penyakit jiwa dan pengobatannya.
 
----------------------------------------------------------------------------------
FATAWA QARDHAWI, Permasalahan, Pemecahan dan Hikmah.


SEBUAH ILHAM UNTUK 'ALI

Suatu hari ketika 'Ali sedang berada dalam pertempuran, pedang
musuhnya  patah  dan  orangnya  terjatuh. 'Ali berdiri di atas
musuhnya itu, meletakkan pedangnya ke arah dada orang itu, dia
berkata,  "Jika  pedangmu  berada  di  tanganmu, maka aku akan
lanjutkan pertempuran ini, tetapi karena pedangmu patah,  maka
aku tidak boleh menyerangmu."

"Kalau   aku  punya  pedang  saat  ini,  aku  akan  memutuskan
tangan-tanganmu dan kaki-kakimu," orang itu berteriak balik.

"Baiklah  kalau  begitu,"  jawab  'Ali,  dan  dia  menyerahkan
pedangnya ke tangan orang itu.

"Apa  yang  sedang kamu lakukan", tanya orang itu kebingungan.
"Bukankah saya ini musuhmu?"

Ali memandang tepat di matanya dan  berkata,  "Kamu  bersumpah
kalau  memiliki  sebuah  pedang  di  tanganmu,  maka kamu akan
membunuhku. Sekarang kamu telah memiliki pedangku, karena  itu
majulah  dan  seranglah  aku".  Tetapi  orang itu tidak mampu.
"Itulah kebodohanmu dan kesombongan berkata-kata," jelas 'Ali.
"Di  dalam  agama  Allah tidak ada perkelahian atau permusuhan
antara kamu dan aku. Kita bersaudara. Perang  yang  sebenarnya
adalah  antara  kebenaran  dan  kekurangan  kebijakanmu. Yaitu
antara kebenaran dan dusta. Engkau dan aku sedang  menyaksikan
pertempuran itu. Engkau adalah saudaraku. Jika aku menyakitimu
dalam    keadaan    seperti    ini,     maka     aku     harus
mempertanggungjawabkannya   pada   hari   kiamat.  Allah  akan
mempertanyakan hal ini kepadaku."

"Inikah cara Islam?" Orang itu bertanya.

"Ya," jawab 'Ali, "Ini adalah firman  Allah,  yang  Mahakuasa,
dan Sang Unik."

Dengan  segera,  orang  itu bersujud di kaki 'Ali dan memohon,
"Ajarkan aku syahadat."

Dan 'Ali pun mengajarkannya,  "Tiada  tuhan  melainkan  Allah.
Tiada yang ada selain Engkau, ya Allah."

Hal  yang  sama  terjadi  pada  pertempuran  berikutnya.  'Ali
menjatuhkan lawannya, meletakkan kakinya di  atas  dada  orang
itu  dan  menempelkan  pedangnya  ke  leher  orang itu. Tetapi
sekali lagi dia tidak membunuh orang itu.

"Mengapa kamu tidak membunuh aku?" Orang itu berteriak  dengan
marah. "Aku adalah musuhmu. Mengapa kamu hanya berdiri saja?,'
Dan dia meludahi muka 'Ali.

Mulanya 'Ali menjadi marah,  tetapi  kemudian  dia  mengangkat
kakinya  dari dada orang itu dan menarik pedangnya. "Aku bukan
musuhmu",  Ali  menjawab.  "Musuh   yang   sebenarnya   adalah
sifat-sifat  buruk  yang  ada  dalam  diri kita. Engkau adalah
saudaraku,  tetapi  engkau  meludahi  mukaku.  Ketika   engkau
meludahi   aku,   aku  menjadi  marah  dan  keangkuhan  datang
kepadaku. Jika aku membunuhmu dalam keadaan seperti itu,  maka
aku  akan  menjadi seorang yang berdosa, seorang pembunuh. Aku
akan menjadi seperti semua orang yang kulawan. Perbuatan buruk
itu  akan  tertulis atas namaku. Itulah  sebabnya  aku tidak
membunuhmu."

"Kalau begitu tidak ada pertempuran antara kau dan aku?" orang
itu bertanya.

"Tidak.  Pertempuran  adalah  antara kearifan dan kesombongan.
Antara kebenaran dan kepalsuan". 'Ali  menjelaskan  kepadanya.
"Meskipun   engkau  telah  meludahiku,  dan  mendesakku  untuk
membunuhmu, aku tak boleh."

"Dari mana datangnya ketentuan semacam itu?"

"Itulah ketentuan Allah. Itulah Islam."

Dengan segera orang itu tersungkur di kaki 'Ali dan  dia  juga
diajari dua kalimat syahadat.

-------------------------
TASAWUF MENDAMAIKAN DUNIA.



TASAWUF MENDAMAIKAN DUNIA.
Muhammad Rahim Bawa Muhayyaddin yang buta huruf adalah Sufi Islam dari Srilanka 
yang telah membaktikan sebahagian masa hidupnya untuk mengajar manusia tentang 
makna sejati Islam dan jalan kesufian. Ikuti mutiara kata-kata hikmahnya di bawah ini:


Seperti Menggali  Telaga
'' Apabila Anda menggali perigi(telaga), Anda harus menggalinya jauh ke dalam sampai Anda menemukan sumber mata airnya. Dapatkah perigi itu penuh tanpa mencapai sumber yang dalam itu? Bila Anda bergantung pada hujan atau sumber luar lain untuk mengisi telaga itu, maka air itu hanya akan menguap atau diserap oleh tanah. Lalu, bagaimana Anda dapat membasuh diri Anda atau menghilangkan dahaga Anda? Hanya jika Anda menggali cukup
dalam untuk mendapatkan mata air, maka Anda akan sampai pada sumber air yang berterusan (tidak henti-henti). Demikian juga halnya, jika Anda hanya membaca ayat-ayat dari kitab suci, tanpa menggali lebih dalam untuk mencari maknanya, hal itu seperti menggali sebuah telaga tanpa mencapai mata airnya atau seperti mencuba mengisinya dengan air hujan. Kedua cara ini tidak akan memadai. Hanya apabila Anda membuka mata air yang ada di dalamnya dan ilmu Tuhan mengalir dari sana, maka mata air sifat-sifat Tuhan akan mengisi hatimu. Hanya setelah itu Anda dapat menerima kekayaanNya. Hanya setelah itu Anda akan mendapatkan kedamaian dan ketenangan. Kearifan dan ilmu Tuhan ini harus timbul dari dalam diri Anda; kisah Tuhan dan doa mesti dipahami di sisi bathin. Maka Anda akan memperoleh semua yang Anda perlukan untuk diri Anda, dan Anda juga akan merasa memadai untuk memberi kepada orang lain. ''


Seperti Semuanya Salah
Sewaktu Anda pernah mengira bahawa segala yang Anda pelajari dan cermati adalah kebenaran. Tetapi kemudian Anda maju ke langkah berikutnya, dan menemukan bahawa semua yang telah Anda pelajari bukanlah kebenaran. Dan pada masa yang akan datang ketika Anda masih melangkah ke depan berikutnya dan merenung kembali kesemuanya pada masa sekarang Anda anggap benar, ternyata Anda juga akan melihatnya sebagai kepalsuan. Dengan cara ini, setiap kali Anda melangkah maju ke peringkat yang baru, maka Anda akan menemukan bahawa semua yang Anda pelajari pada masa lalu adalah kepalsuan (salah). Akhirnya, ketika Anda mencapai maqam (keadaan) Tuhan dan maqam kearifan-Nya, maka Anda akan menyedari bahawa semua pemikiran Anda adalah keliru. Semuanya keliru. Hanya Dialah kebenaran. KebijakkanNya adalah kebenaran sejati dan sifat-sifatNya adalah emas kekayaan 
yang sesungguhnya.


Apabila Anda memahami hal ini, maka Anda akan memohon keampunanNya atas segala kesalahan yang Anda lakukan pada masa yang lalu. Anda akan melihat dengan jelas dan pasti bahawa hanya ada satu keluarga, satu doa dan satu Tuhan. Kita harus memikirkan hal ini. Ini adalah ke'arifan yang berharga, hikmah kebenaran. ''


Seperti Pengayak Emas 
Apabila seorang pengayak mencari emas, dia harus mengayak tanah untuk menyaring logam yang berharga itu. Dia memungut yang berharga dan membuang sisanya. Demikian pula, di mana pun Anda mencari, apakah itu di timur, barat, utara, atau selatan, apakah itu umat Hindu, Zoroaster, Kristen, Yahudi, atau Islam, Anda harus mencari dan memungut hanya suatu yang bernilai, yaitu emas, khazanah Tuhan, yaitu kebenaran. Selama Anda
mencari melalui semua kitab suci, Anda harus menyisihkan apa pun yang lainnya, seperti penambang emas membuang kotoran dan batu-batu. Hanya kekayaan Tuhan yang Anda butuhkan untuk kehidupan Anda dan untuk kecerahan jiwa Anda. ''





ISA DAN ORANG-ORANG BIMBANG
 
Diceritakan  oleh  Sang  Guru  Jalaludin   Rumi   dan   yang
lain-lain, pada suatu hari Isa, putera Mariam, berjalan-jalan
di padang pasir dekat Baitulmukadis bersama-sama  sekelompok
orang yang masih suka mementingkan diri sendiri.
 
Mereka  meminta dengan sangat agar Isa memberitahukan kepada
mereka  ''Kata  Rahasia''  yang  telah   dipergunakannya   untuk
menghidupkan  orang  mati. Isa berkata, "Kalau kukatakan itu
padamu, kau pasti menyalahgunakannya."
 
Mereka  berkata,  "Kami  sudah   bersedia   dan   sesuai   untuk
pengetahuan   semacam  itu;  tambahan  lagi,  hal  itu  akan
menambah keyakinan kami."
 
"Kalian tak memahami apa yang kalian minta," katanya, tetapi
diberitahukannya juga Kata Rahasia itu.
 
Segera  setelah  itu, orang-orang tersebut berjalan di suatu
tempat yang terlantar dan  mereka  melihat  selonggok  tulang
yang sudah memutih. "Mari kita uji keampuhan Kata itu," kata
mereka, Dan diucapkanlah Kata itu.
 
Begitu   Kata   diucapkan,   tulang-tulang   itupun   segera
terbungkus  daging dan menjelma menjadi seekor binatang liar
yang kelaparan, yang kemudian  merobek-robek  mereka  sampai
menjadi cebis-cebisan daging.
 
Mereka  yang  dianugerahi  akal  akan mengerti. Mereka yang
akalnya terbatas bisa belajar melalui kisah ini.
 







Wallahhu 'alam bissowab.



Leave a Reply

07sept2011. Dikuasakan oleh Blogger.

Rakan Taulan: